Senin, 16 November 2009

Sejarah Kartun Terkenal "TOM & JERRY"


Hoy .... !!!! uda lamo tak besuo .... yap, saya balik lagi memberi cerita2 buat plen2 yang ngeliat or nge-view nie bloggggg .... kali nie saya mao berbagi cerita seputar film kartun yang pasti kalian tau, malah pasti juga kalo emak or babe kalian juga tau about this cartoon .. Tom & Jerry !! tau kan ?? tau donk ... tapi jangan sekedar tau en nonton nie kartun duank ... sejarah nya juga kudu pada tau, oce ?? kga sabar ? Well, check this out !!


SIAPA sih yang tak tahu Tom & Jerry? Itu tuh... tokoh kartun kucing dan tikus yang terkenal selalu bermusuhan. Dengan gaya kocak, tokoh kartun ini saling kejar, saling intip, saling mengakali, saling pukul, tapi enggak mati-mati. Di dalam film, masing-masing ingin saling tangkap dan membalas. Berbagai bentuk akal bulus pun mereka lakukan. Sebenarnya sih, jalan cerita film kartun ini tidak terlalu istimewa. Tapi, sebagai hiburan, cukup mengasyikkan. Ngomong-ngomong, tahukah sobat, siapa gerangan pencipta tokoh Tom & Jerry yang kocak itu? Hanna dan Barbera bisa disebut sebagai dalangnya. Begini cerita awalnya. Ketika melihat kucing menerkam tikus di dapurnya pada suatu hari, mendadak Hanna mendapatkan ide untuk menjadikan permusuhan sebagai sesuatu yang lucu. Lantas, keduanya segera membuat naskah dan kartun Tom & Jerry pada 1932 bersama Studio Van Beuren. Saat itu, keduanya masih bekerja di majalah sebagai pembuat gambar kartun atau kartunis.


MGM (Metro Goldwyn Meyer) adalah rumah produksi pertama yang membuat film ini. Sayang, tahun 1957, divisi MGM tutup. Tak pelak lagi, nasib Tom & Jerry pun telantar. Padahal, penggemarnya sangat banyak. Tak hanya anak-anak, melainkan juga orang dewasa.

Harapan pun muncul kembali ketika enam tahun kemudian, ada Chuck Jones, animator berbakat yang tertarik untuk menghidupkan kembali si kucing dan tikus yang kocak itu. Maka, MGM pun membuat lagi film Tom & Jerry. Sayangnya, lagi-lagi ini tak bertahan lama.

Namun kemudian, selang empat tahun, MGM berhenti memproduksi kartun. Mereka tidak melanjutkan kerja sama dengan Jones.

Karena terlanjur cinta pada tokoh Tom & Jerry, tahun 1975, akhirnya Hanna dan Barbera berusaha keras membuat sendiri filmnya. Dengan susah payah, akhirnya mereka membuat serial televisi yang muncul setiap Sabtu pagi.

Sobat-sobat, hebatnya, usaha Hanna dan Barbera membuahkan hasil. Ya sejak tahun 1975 itu, produksi mereka berkembang. Film Tom & Jerry pun menyebar ke seluruh dunia. Sekarang, kita bisa menyaksikannya lewat televisi, kepingan VCD/DVD, juga dalam bentuk game-nya. Asyik kan? Tapi, hati -hati deh, permusuhannya siTom dan si Jerry itu.... jangan kalian tiru ya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar